Honda CRF 150 L hadir sebagai penantang kawasaki KLX 150 yang telah cukup legendaris bermain di kelas motor trail 150 cc di indonesia. Motor trail AHM honda ini mulai diproduksi dan dipasarkan pada bulan november 2017.
Di eropa dan australia motor Honda CRF 150 ini telah terlebih dahulu hadir. Mengusung konsep motor trail dengan basis desain CRF Series, honda CRF150 adalah varian dengan mesin paling mungil. Varian lainya adalah Honda CRF 450, CRF 250, CRF 150 dan CRF 125. untuk versi race purpose biasa akan dilabeli dengan huruf X atau R seperti honda CRF 450X, atau CRF 250R, atau CRF150R. Sedangkan untuk daily use dan street purpose biasa akan dilabeli dengan huruf L. Seperti honda CRF250L.
Melihat tren motor trail yang kian hari semakin berkembang membuat pabrikan terbesar di indonesia AHM honda menelurkan lawan yang head to head dengan kawasaki KLX 150. Inilah honda CRF 150. Sebuah motor trail dengan kubikasi mesin 150 cc, diperuntukan bagi anda yang membutuhkan sebuah motor untuk menjelajah medan offroad. Seperti apa desain dan spesifikasi serta dan harga terbaru motor garuk tanah ini?
Di eropa dan australia motor Honda CRF 150 ini telah terlebih dahulu hadir. Mengusung konsep motor trail dengan basis desain CRF Series, honda CRF150 adalah varian dengan mesin paling mungil. Varian lainya adalah Honda CRF 450, CRF 250, CRF 150 dan CRF 125. untuk versi race purpose biasa akan dilabeli dengan huruf X atau R seperti honda CRF 450X, atau CRF 250R, atau CRF150R. Sedangkan untuk daily use dan street purpose biasa akan dilabeli dengan huruf L. Seperti honda CRF250L.
Dan tepat di bulan november 2017, AHM Honda meluncurkan Honda CRF 150 L, yang akan menemani line up CRF series yang yang lebih dulu dijual secara resmi di indonesia yakni Honda CRF250L. CRF150L sendiri dijual dengan harga resmi Rp. 31.800.000 on the road jakarta. Cukup worthed mengingat pesaing tunggalnya yakni kawasaki KLX 150 di jual 1 juta lebih mahal yaitu di kisaran 32,8 juta rupiah. Belum lagi di sisi lain honda CRF punya beberapa fitur yg lebih kekinian dibanding kawasaki KLX150 seperti pembakaran injeksi, power yang lebih besar dll.

Nanti kita akan membandingkan secara lengkap head to head fitur dan berbagai macam variabel komparasi antara KLX 150 BF dengan honda CRF150L, sekarang mari kita lihat fitur unggulan apa saja yang dimiliki oleh honda CRF150 sehingga membuat anda yakin untuk meminang motor trail ini untuk memani anda bertualang ke hutan-hutan belantara di indonesia.
Mesin
Secara kasat mata mesin honda crf150l ini sangat mirip dengan produk honda 150cc lainya yakni honda verza 150 dan megapro fi. Dan ternyata memang bukan cuma mirip, melainkan ketiga motor tersebut menggunakan mesin yang yang sama. Mulai dari cover blok mesin kanan, kiri, blok silinder yang masih menggunakan sirip alias pendingin udara, tampak jelas kalau ketiga motor ini menggunakan mesin yang sama alias common part.
Tapi hal tersebut bukan suatu hal yang tabu dalam dunia otomotif, melainkan hal yang lumrah dan biasa saja. Bukan cuma honda yang melakukan sistem swap engine untuk beberapa produk mereka, pabrikan lain juga melakukan hal yang sama. Kawasaki misalnya, membuat mesin yang sama untuk motor trail KLX250 dengan kawasaki ninja 250SL. tentu saja dengan sedikit penyesuaian karena peruntukanya berbeda.
Demikian juga HOnda CRF 150, meski menggunakan mesin yang sama dengan megapro dan verza, tentu jelas ada perbedaan mendasar antara engine motor tersebut. Terutama pada pengapian, ledakan torsi dan power, smooth delivery, dll yang menunjang kemampuan mesin honda CRF150 sebagai mesin motor trail yang akan menaklukan medan berat.
Power yang di keluarkan dari mesin SOHC 150cc ini adalah 9,51 kW(12,91 PS) pada putaran mesin 8.000 rpm. Serta torsi 12,43 Nm(1,27 kgf.m) pada putaran mesin 6.500 rpm. Kemampuan power dan torsi sebesar ini ditambah lagi dengan konfigurasi gear belakang yang lumayan besar khas motor trail, tentu akan menambah ability menaklukan medan berat terutama tanjakan.
Rangka
Untuk urusan rangka anda boleh melupakan para saudaranya verza maupun megapro. Jika para onroad sepeda motor tersebut mengngunakan rangka "yang biasa saja" maka untuk motor offroad CRF150 tampak rangka yang lebih kokoh mengikat mesin 150cc. Terlihat juluran single tubular yang bercabang menjadi double cradle mengendong dan mengikat mesin dengan kokoh. rangka teralis ini juga berfungsi sebagai pelindung mesin pada bagian bawah dari benturan benda keras seperti batu dan gundukan tanah ketika dipakai terbang-terbang.

Pada kaki kaki depan, honda menanamkan inverted fork alias suspensi upsidedown dari vendor ternama di bidang peredam kejut yakni Showa. Ukuran shock depan juga lumayan besar dengan diameter tabung dalam 37 mm, untuk menopang mesin 150 cc dengan berat total cuma 122 kg. Jelas ini khasnya sebuah motor trail. Ditambah lagi dengan long travel alias naik turunya shock yang sangat panjang yakni 225mm atau 22,5 cm. Kebayangkan betapa panjangnya? Sebagai gambaran motor matic pada umumya memiliki stroke shock depan cuma 10cm.
Ukuran velg dengan ring besar juga khas motor trail, di bagian depan ring 21 yang dipeluk ban cangkul ukuran 2.75 – 21 45P, dan velg belakang dengna ukuran ring 18 menggunakan ban 4.1 – 18 59P. Sayang, kedua ban motor ini masih menggunakan ban dalam alias belum tubeless. Sebenarya pada sisi ban dan velg tidak ada yang istimewa, karena pada umumnya motor trail menggunakan ukuran velg dan ban dengan konfigurasi serupa. Ukuran velg dengan lebih besar ketimbang belakang dengan tujuan memudahkan melewati gundukan ataupun lubang pada jalanan onffroad dan medan berat.
Desain
Honda CRF150L yang dipasarkan di indonesia hanya memiliki 1 warna yakni merah putih, yang disebut AHM sebagai Extreme Red. Secara garis desain, tidak terlalu berbeda dengan para pendahulunya CRF series, seperti CRF250l dan bahkan CRF450R. Sedangkan ukuran bagus tidaknya sebuah desain sepeda motor tentu saja itu adalah relatif, karena pria punya selera, dan selera masing-masing.
Fitur unggulan CRF150L
Speedometer Full digital, dilengkapi penunjuk kecepatan, volume BBM, trip, odometer, dan jam. Belum dilengkapi dengan takometer rpm.

Lampu depan CRF150 dengan desain agresif tajam dan menantang. Namun lagi-lagi, desain adalah soal selera.

Shock depan upside down, dari vendor premium showa yang tentu tidak perlu diragukan soal kualitas dan daya tahan. Ukuran shock depan 37mm juga adalah yang terbesar jika dibandingkan dengan pesaing KLX150 yang hanya menggunakan shock 35mm.

Mesin 150cc injeksi. tentu saja mesin karakter mesin seperti ini akan mengakomodir beberapa hal diantaranya adalah, irit, mudah pewawatan, dan ringan. Meski powernya agak kurang, maksudnya jika dibandingkan dengan memsin 250cc milik crf250L

Rem depan dan belakang sudah menggunakan caram, juga buatan vendor ternama yaitu nissin. Bukan biskuit nissin namun ini adalah vendor pembuat rem cakram. kastanya ada di bawah Brembo, bybre, dan baru nissin. Piringan cakram sudah bergelombang alias wave, dengan tujuan cepat melepas panas.

Velg alumunium dari vendor TK japan, juga terjamin soal kualitas, dan berperan signifikan pada pengurangan bobot.

Tampak belakang CRF150 dengan desain elegan dan dilengkapi lampu led. sebagai catatan, sepakbor belakang ini bisa dicopot kalau anda ingin lebih terlihat racy seperti gambar pertama.

Spesifikasi lengkap honda CRF150L

Nanti kita akan membandingkan secara lengkap head to head fitur dan berbagai macam variabel komparasi antara KLX 150 BF dengan honda CRF150L, sekarang mari kita lihat fitur unggulan apa saja yang dimiliki oleh honda CRF150 sehingga membuat anda yakin untuk meminang motor trail ini untuk memani anda bertualang ke hutan-hutan belantara di indonesia.
Mesin
Secara kasat mata mesin honda crf150l ini sangat mirip dengan produk honda 150cc lainya yakni honda verza 150 dan megapro fi. Dan ternyata memang bukan cuma mirip, melainkan ketiga motor tersebut menggunakan mesin yang yang sama. Mulai dari cover blok mesin kanan, kiri, blok silinder yang masih menggunakan sirip alias pendingin udara, tampak jelas kalau ketiga motor ini menggunakan mesin yang sama alias common part.
Tapi hal tersebut bukan suatu hal yang tabu dalam dunia otomotif, melainkan hal yang lumrah dan biasa saja. Bukan cuma honda yang melakukan sistem swap engine untuk beberapa produk mereka, pabrikan lain juga melakukan hal yang sama. Kawasaki misalnya, membuat mesin yang sama untuk motor trail KLX250 dengan kawasaki ninja 250SL. tentu saja dengan sedikit penyesuaian karena peruntukanya berbeda.
Demikian juga HOnda CRF 150, meski menggunakan mesin yang sama dengan megapro dan verza, tentu jelas ada perbedaan mendasar antara engine motor tersebut. Terutama pada pengapian, ledakan torsi dan power, smooth delivery, dll yang menunjang kemampuan mesin honda CRF150 sebagai mesin motor trail yang akan menaklukan medan berat.
Power yang di keluarkan dari mesin SOHC 150cc ini adalah 9,51 kW(12,91 PS) pada putaran mesin 8.000 rpm. Serta torsi 12,43 Nm(1,27 kgf.m) pada putaran mesin 6.500 rpm. Kemampuan power dan torsi sebesar ini ditambah lagi dengan konfigurasi gear belakang yang lumayan besar khas motor trail, tentu akan menambah ability menaklukan medan berat terutama tanjakan.
Rangka
Untuk urusan rangka anda boleh melupakan para saudaranya verza maupun megapro. Jika para onroad sepeda motor tersebut mengngunakan rangka "yang biasa saja" maka untuk motor offroad CRF150 tampak rangka yang lebih kokoh mengikat mesin 150cc. Terlihat juluran single tubular yang bercabang menjadi double cradle mengendong dan mengikat mesin dengan kokoh. rangka teralis ini juga berfungsi sebagai pelindung mesin pada bagian bawah dari benturan benda keras seperti batu dan gundukan tanah ketika dipakai terbang-terbang.

Pada kaki kaki depan, honda menanamkan inverted fork alias suspensi upsidedown dari vendor ternama di bidang peredam kejut yakni Showa. Ukuran shock depan juga lumayan besar dengan diameter tabung dalam 37 mm, untuk menopang mesin 150 cc dengan berat total cuma 122 kg. Jelas ini khasnya sebuah motor trail. Ditambah lagi dengan long travel alias naik turunya shock yang sangat panjang yakni 225mm atau 22,5 cm. Kebayangkan betapa panjangnya? Sebagai gambaran motor matic pada umumya memiliki stroke shock depan cuma 10cm.
Ukuran velg dengan ring besar juga khas motor trail, di bagian depan ring 21 yang dipeluk ban cangkul ukuran 2.75 – 21 45P, dan velg belakang dengna ukuran ring 18 menggunakan ban 4.1 – 18 59P. Sayang, kedua ban motor ini masih menggunakan ban dalam alias belum tubeless. Sebenarya pada sisi ban dan velg tidak ada yang istimewa, karena pada umumnya motor trail menggunakan ukuran velg dan ban dengan konfigurasi serupa. Ukuran velg dengan lebih besar ketimbang belakang dengan tujuan memudahkan melewati gundukan ataupun lubang pada jalanan onffroad dan medan berat.
Desain
Honda CRF150L yang dipasarkan di indonesia hanya memiliki 1 warna yakni merah putih, yang disebut AHM sebagai Extreme Red. Secara garis desain, tidak terlalu berbeda dengan para pendahulunya CRF series, seperti CRF250l dan bahkan CRF450R. Sedangkan ukuran bagus tidaknya sebuah desain sepeda motor tentu saja itu adalah relatif, karena pria punya selera, dan selera masing-masing.
Fitur unggulan CRF150L
Speedometer Full digital, dilengkapi penunjuk kecepatan, volume BBM, trip, odometer, dan jam. Belum dilengkapi dengan takometer rpm.

Lampu depan CRF150 dengan desain agresif tajam dan menantang. Namun lagi-lagi, desain adalah soal selera.

Shock depan upside down, dari vendor premium showa yang tentu tidak perlu diragukan soal kualitas dan daya tahan. Ukuran shock depan 37mm juga adalah yang terbesar jika dibandingkan dengan pesaing KLX150 yang hanya menggunakan shock 35mm.

Mesin 150cc injeksi. tentu saja mesin karakter mesin seperti ini akan mengakomodir beberapa hal diantaranya adalah, irit, mudah pewawatan, dan ringan. Meski powernya agak kurang, maksudnya jika dibandingkan dengan memsin 250cc milik crf250L

Rem depan dan belakang sudah menggunakan caram, juga buatan vendor ternama yaitu nissin. Bukan biskuit nissin namun ini adalah vendor pembuat rem cakram. kastanya ada di bawah Brembo, bybre, dan baru nissin. Piringan cakram sudah bergelombang alias wave, dengan tujuan cepat melepas panas.

Velg alumunium dari vendor TK japan, juga terjamin soal kualitas, dan berperan signifikan pada pengurangan bobot.

Tampak belakang CRF150 dengan desain elegan dan dilengkapi lampu led. sebagai catatan, sepakbor belakang ini bisa dicopot kalau anda ingin lebih terlihat racy seperti gambar pertama.

Spesifikasi lengkap honda CRF150L
Tipe Mesin | : 4-Tak, SOHC, Satu Silinder |
---|---|
Tipe Pendinginan | : Pendingin Udara |
Sistem Bahan Bakar | : Injeksi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) |
Volume Mesin | : 149.15 cm3 |
Bore X Stroke | : 57.3 x 57.8 mm |
Perbandingan Kompresi | : 9.5:1 |
Daya Maksimum | : 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm |
Torsi Maksimum | : 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm |
Tipe Transmisi | : 5-Speed |
Pola Pengoperan Gigi | : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 |
Tipe Starter | : Pedal dan Elektrik |
Tipe Kopling | : Manual, Multiplate Wet Clutch |
Tipe Minyak Pelumas | : Basah 10-40 W |
Kapasitas Oli Mesin | : 1.0 Liter (Penggantian periodik) |
Tipe Rangka | : Semi Double Cradle |
Jenis Velg | : Aluminium |
Ukuran Ban Depan | : 2.75 – 21 45P (Ban Dalam) |
Ukuran Ban Belakang | : 4.1 – 18 59P (Ban Dalam) |
Rem Depan | : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm) |
Rem Belakang | : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm) |
Tipe Suspensi Depan | : Upside down (Diameter 37 mm & Stroke 225 mm) Showa |
Tipe Suspensi Belakang | : Monoshock with Pro-Link Suspension System (Axle Travel 207 mm) |
Panjang X Lebar X Tinggi | : 2.119 X 793 X 1.153 mm |
Jarak Sumbu Roda | : 1.375 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | : 285 mm |
Tinggi Tempat Duduk | : 869 mm |
Berat Kosong | : 122 kg |
Kapasitas Tanki Bahan Bakar | : 7.2 L |
Sistem Pengapian | : Full Transisterized |
Tipe Baterai/Aki | : MF Wet 12V 3.5Ah |
Tipe Busi | : NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |
Komentar
Posting Komentar