Langsung ke konten utama

Mau Tau Rahasia Buka Speed Limit Honda CBR250RR sampai Melesat 190 Km/Jam, Berikut Ulasannya

Test Ride CBR250RR

Kecepatan maksimal All New HONDA CBR250RR standar saat dites di atas dyno mentok 185 km/jam beda tipis dengan tes jalan 179 km/jam.
Nah versi yang sudah dimodifikasi untuk balap, ternyata juga enggak beda jauh, cuma dapat 183 km/jam.
“Bahkan sudah porting juga mentok kisaran 183 km/jam, sepertinya memang dilimit,” ujar Angga Kurniawan, pemilik tim Honda V3BKS AR-1 NHK.  
Jadi di gigi 6 motor yang dinobatkan sebagai Bike Of The Year, OTOMOTIF Award 2017 ini, dengan ECU standar putaran mesin mentok 13.000 rpm saja. Mungkin untuk safety atau daya tahan mesin.
Tentunya batasan kecepatan maksimal ini membatasi usaha meraih waktu lebih cepat agar kompetitif saat balap. Maka dari itu dicari cara agar speed limit bisa dibuka.  
“Dari cabut speed sensor, jumper kabel gear position, ternyata enggak ada yang sukses,” kata Sudirjo, mekanik Honda V3BKS AR-1 NHK yang bermarkas di Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar ini. 
“Terakhir coba tukar kabel gear position, yang untuk gigi 6 tukar dengan gigi 1, ternyata sukses top speed naik jadi 193 km/jam. Catatan waktu Nico Julian di Sentul juga lebih tajam 2 detik, dari 1:49 jadi 1:47,” papar Dirjo, sapaannya. 
Untuk info tambahan, gigi 1 sampai 5 takometer CBR250RR bisa s
ampai 14.100 rpm. Sedang gigi 6 malah cuma 13.000 rpm.
Nah karena kabelnya ditukar, gigi 6 kini bisa sampai 14.100 rpm. Bagaimana caranya? Ternyata sangat mudah, hanya memindahkan posisi kabel di soket gear position. 
“Yang ditukar posisi antara kabel biru-hitam dan kuning-merah ,” terang Dirjo. Jadi saat gigi 1 gear position akan menampilkan gigi 6, sebaliknya gigi 6 tertera gigi 1.
Mau ikutan coba? Pertama tentu fairing kiri mesti dilepas, karena soket hitam berisi 7 kabel ini berada di sebelah kiprok. 
Setelah lepas soketnya, gunakan alat bantu seperti obeng minus tapi kecil dan tajam untuk melepas kabelnya. “Pertama lepas plastik putih di dalamnya dengan dicongkel, lalu angkat pengunci skun kabelnya dan tarik kabel dari sisi belakang. Jika sudah tinggal tukar posisi keduanya,” lanjut Dirjo.
Nah beres deh, sekarang top speed bisa naik dengan ECU standar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Spesifikasi Honda CRF150L Yang Siap Bertempur Dengan KLX

Honda CRF 150 L hadir sebagai penantang kawasaki KLX 150 yang telah cukup legendaris bermain di kelas motor trail 150 cc di indonesia. Motor trail AHM honda ini mulai diproduksi dan dipasarkan pada bulan november 2017. Melihat tren motor trail yang kian hari semakin berkembang membuat pabrikan terbesar di indonesia AHM honda menelurkan lawan yang head to head dengan kawasaki KLX 150. Inilah honda CRF 150. Sebuah motor trail dengan kubikasi mesin 150 cc, diperuntukan bagi anda yang membutuhkan sebuah motor untuk menjelajah medan offroad. Seperti apa desain dan spesifikasi serta dan harga terbaru motor garuk tanah ini? Honda Crf 150 L indonesia yang baru  mengambil basis desain honda crf 150r Di eropa dan australia motor Honda CRF 150 ini telah terlebih dahulu hadir. Mengusung konsep motor trail dengan basis desain CRF Series, honda CRF150 adalah varian dengan mesin paling mungil. Varian lainya adalah Honda CRF 450, CRF 250, CRF 150 dan CRF 125. untuk versi race purpose bia...